Komisi III DPRD Minta Gubernur Jambi Jelaskan Soal Pembangunan Jalan Khusus Batubara.


 


JAMBI, (Esportjambi.com)– Progres pembangunan Jalan Khusus Batubara Jambi, sampai saat ini belum ada kejelasan. Sabtu,27 Mei 2023 

Bahkan, Komisi III DPRD Jambi sudah berulang kali meminta kepada Gubernur Jambi Al-Haris, supaya memfasilitasi agar dapat melaksanakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) kepada pihak investor yang membangun Jalan Khusus Batubara itu.


Tetapi, sampai saat ini Gubernur Jambi Al Haris belum juga memfasilitasi RDP dengan investor pembangunan Jalan Khusus Batubara.


“Sampai saat ini, Gubernur Jambi Al-Haris belum juga bersedia memfasilitasi itu,” terang Wakil Ketua Komisi III DPRD Jambi H. Ivan Wirata kepada esportjambi.com


Ivan Wirata, mantan Kadis PU/PR Jambi tegas mengungkapkan, Komisi III sampai saat sekarang tidak mengetahui siapa yang bertanggung jawab soal pembangunan Jalan Khusus Batubara Jambi, dan seperti apa progres pembangunannya.


“Enggak ada yang tau, Kadis PU/PR Jambi di tanya jawabannya juga gak tau, ditanya Kadis ESDM juga jawabannya sama gak tau juga soal pembangunan Jalan Khusus Batubara itu,” terang Ivan Wirata.


Lebih lanjut, Ivan Wirata mengungkapkan, dirinya sudah berulang kali meminta Gubernur Jambi supaya tegas dalam pelaksanaan pembangunan Jalan Khusus Batubara Jambi.


“Ini tidak boleh berlarut larut, selain menekan pihak pengusaha batubara yang berdampak belum selesainya pembangunan Jalan Khusus Batubara Jambi, disisi lain Jalan Nasional terus dilalui truk bermuatan batubara yang semestinya harus segera dihentikan,” terang Ivan Wirata.


Selanjutnya, dalam keterangannya Ivan Wirata mengungkapkan sesuai data yang dimilikinya, terkait pengembangan Jalan Batubara Jambi.


PT Putra Bulian Propertindo mencakup, Kilangan, Kecamatan Bajubang Mestong – Sungai Gelam – Kumpeh Ulu – Taman Rajo, sudah dilakukan Groundbraking, 1 September 2022.


Tahap 1, 77 Km (Dusun Mudo – Kilangan, Tahap 2, 66 Km, Kilangan – Lubuk Napal – Sarolangun, target start 2024

“Pembangunan jalan mulai Februari 2023, dan Diprakirakan selesai dalam waktu 18 bulan,” terangnya.


Sedangkan yang dilaksanakan PT Intitirta Primasakti di Kecamatan Mandiangin – Batin XXIV – Muaro Tembesi – Muaro Bulian – Muaro Sebo Ilir.


Sudah dilakukan Groundbraking 17 Desember 2022, sepanjang 95 Km, dan selanjutnya terang Ivan Wirata yang tercatat sebagai Calon Bupati Muaro Jambi 2024 mengungkapkan.


PT Sinar Agung Sukses yang meliputi penanganan Jalan Khusus Batubara di Kecamatan Pauh – Mandiangin – Mandiangin Timur – Bajungan – Mestong – Jambi Luar Kota, tercatat pembangunan fisik dimulai Februari 2023.


Disebutkan Ivan Wirata, pembangunan Jalan Khusus Batubara Jambi direncanakan 108 Km yang menghubungkan Tambang SAS dan Tuks/Jetty di daerah Mendalo Darat, melalui 3 kabupaten, yakni Kabupaten Kabupaten Sarolangun – Kabupaten Batanghari dan Kabupaten Muaro Jambi.


Tetapi anehnya, terang Ivan Wirata menutup keterangannya, sampai saat ini seperti apa progres pembangunan Jalan Khusus Batubara Jambi tidak diketahui, dan karena itu kita minta Gubernur Jambi Al- Haris bersikap tegas menyikapi pembangunan Jalan Khusus Batubara Jambi yang diharapkan semua pihak. (BP) 

Komentar