Waswas perang Dunia 3 akan di mulai

Esportsjambi.com - Inggris siap mengerahkan pasukan yang tergabung dalam North Atlantic Treaty Organization (NATO) sebagai bagian dari rencana memperkuat perbatasan Eropa dalam melawan pasukan Rusia yang telah berkumpul di perbatasan Ukraina. Inggris telah mengatakan setiap serangan Rusia ke Ukraina akan mendapat sanksi tegas dan akan menghancurkan kedua belah pihak.


Perdana Menteri Inggris Boris Johnson akan mengunjungi wilayah itu minggu depan, dan juga akan berbicara dengan Vladimir Putin melalui telepon. Johnson sedang mempertimbangkan tawaran terbesar yang mungkin diberikan kepada anggota NATO di Nordik dan Baltik, yang akan menggandakan jumlah pasukan dan mengirim senjata pertahanan ke Estonia

"Paket ini akan mengirim pesan yang jelas ke Kremlin - kami tidak akan mentolerir aktivitas destabilisasi mereka, dan kami akan selalu mendukung sekutu NATO kami dalam menghadapi permusuhan Rusia," jelas Johnson dalam keterangan resminya, dikutip Reuters, Minggu (30/1/2022). 

"Saya telah memerintahkan angkatan bersenjata kami untuk bersiap untuk ditempatkan di seluruh Eropa minggu depan, memastikan kami dapat mendukung sekutu NATO kami," lanjutnya. 

Para pejabat akan menyelesaikan perincian tawaran itu di Brussel minggu depan, dengan para menteri membahas opsi militer pada hari Senin.

Meningkatkan upaya diplomatik setelah menghadapi kritik karena tidak berbuat banyak, Johnson akan melakukan perjalanan kedua untuk bertemu rekan-rekan NATO awal bulan depan. Demikian pernyataan Kantor PM Inggris. 

Menteri luar negeri dan pertahanan Inggris juga akan pergi ke Moskow untuk melakukan pembicaraan dengan mitra mereka asal Rusia dalam beberapa hari mendatang, dengan tujuan meningkatkan hubungan dan mengurangi ketegangan.

Sebagai gambaran, NATO adalah aliansi militer yang dibentuk oleh Pakta Atlantik Utara atau Pakta Washington pada 04 April 1949. Rusia diyakini akan menyerang Ukraina. Intelijen Barat mengeklaim sekira 100.000 pasukan sudah berada di perbatasan Ukraina. 

AS dan NATO juga telah mengirimkan pasukan, kapal perang, dan jet tempur ke wilayah Laut Hitam, karena permintaan Ukraina. Kendati bekas Uni Soviet, Ukraina sekarang merapat ke NATO. 

Jelas, konflik antara Rusia dan Ukraina yang melibatkan AS dan NATO tersebut memicu Perang Dunia ke-3 (World War III). Begitu yang dijelaskan seorang pejabat senior Ukraina kepada Sky News.

Belum lama ini, Presiden AS Joe Biden menegaskan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin soal Ukraina. Dia mengumumkan akan mengerahkan pasukan ke Eropa Timur meski "tak terlalu banyak". 

Sumber : CNBC Indonesia

Komentar